Nama-Nama & Profil Lengkap Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II Bag. 2

Posted by Android Gratis Friday, October 23, 2009 1 comments
Nama-nama dan profil lengkap menteri kabinet Indonesia II ini kelanjutan dari artikel saya sebelumnya tentang nama-nama dan profil lengkap Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Bag. 1, dimana diartikel saya sebelumnya saya hanya mencantumkan 5 menteri saja, yaitu Menko Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam, Menko Perekonomian, Menko Kesra (Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat), Menteri Sekretaris Negara dan Menteri Dalam Negeri.

6. Menteri Luar Negeri: Marty Natalegawa

Nama-Nama & Profil Lengkap Menteri Kabinet Indonesia Bersatu IIDr. Raden Mohammad Marty Muliana Natalegawa, M.Phil, B.Sc lahir di Bandung, Jawa Barat, 22 Maret 1963 (umur 46 tahun) adalah Duta Besar RI untuk PBB sejak 5 September 2007. Ia pernah menjadi juru bicara Departemen Luar Negeri Republik Indonesia. Sebelum mendapat tugas sebagai Duta Besar di PBB, Marty Natalegawa adalah Duta Besar RI untuk Inggris sejak 11 November 2005 hingga 5 September 2007.

Pada bulan November 2007, Marty mendapat kepercayaan penting sebagai Presiden Dewan Keamaan PBB.

Marty adalah lulusan Australian National University pada tahun 1993 dengan gelar doktor. Sebelumnya, dia pernah menimba ilmu di London School of Economics, Universitas Cambridge, Inggris. Setelah meraih strata dua di Inggris, dia mulai bekerja di Departemen Luar Negeri pada tahun 1986.

Dia juga pernah menjabat sebagai kepala delegasi negara untuk sejumlah konferensi internasional, interaliansi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Gerakan Non-Blok, Organisasi Konferensi Islam (OKI), dan ASEAN. Ia pun pernah menjadi delegasi Indonesia untuk Dewan Keamanan PBB dan dialog trilateral di Timor Timur serta Direktur Jendral untuk Kerjasama ASEAN (2003-2005).

7. Menteri Pertahanan: Purnomo Yusgiantoro

Nama-Nama & Profil Lengkap Menteri Kabinet Indonesia Bersatu IIProf. Ir. Purnomo Yusgiantoro MSc., MA., Ph.D. lahir di Semarang, Jawa Tengah, 16 Juni 1951 (umur 58 tahun). Beliau adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada Kabinet Indonesia Bersatu periode 2004-2009)

Pernah mengenyam pendidikan antara lain: meriah gelar Sarjana Teknik, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1974, MA. Ekonomi, University of Colorado at Boulder Main Campus, Colorado, USA, pada tahun 1988 dan berhasil menyandang gelar Ph.D. Ekonomi Mineral/ Sumber Daya Alam dari Colorado School of Mines, Golden, Colorado, USA, pada tahun yang sama. setelah sebelumnya meraih gelar MSc., di Colorado School of Mines, Golden, Colorado, USA pada tahun 1986

Pernah menjadi Wakil Gubernur Lemhannas periode September 1998 - Agustus 2000, sebagai Penasehat Menteri Pertambangan dan Energi selama tahun 1993 – 1998 dan menjabat sebagai Gubernur OPEC, Wina, Austria, 1996 - 1998

Yusgiantoro juga aktif dalam berbagai forum internasional seperti APEC, UNCTAD, UNDP, ESCAP, OPEC, Multilateral Produsen - Konsumen, ASEAN, Bilateral Indonesia dengan Australia, Jepang, Amerika, Norwegia, Korea Selatan, Taiwan, Kanada.

8. Menteri Hukum dan HAM: Patrialis Akbar

Nama-Nama & Profil Lengkap Menteri Kabinet Indonesia Bersatu IIPatrialis Akbar lahir di Padang, Sumatera Barat, 31 Oktober 1958 (umur 50 tahun) adalah advokat dan politikus. Ia memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Muhammadiyah Jakarta dan kemudian berkarir sebagai advokat. Ia kemudian terjun kedunia politik dan menjadi anggota DPR periode 2004-2009 dari fraksi Partai Amanat Nasional.


9. Menteri Keuangan: Sri Mulyani

Nama-Nama & Profil Lengkap Menteri Kabinet Indonesia Bersatu IISri Mulyani Indrawati lahir di Tanjungkarang, Lampung 26 Agustus 1962 (umur 47 tahun) adalah Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Bersatu periode tahun 2004-2005, dan seperti yang diprediksikan banyak pihak, ia kembali menduduki posisi yang sama di Kabinet Indonesia Bersatu II ini.

Sri Mulyani sebelumnya dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia. Ia menjabat Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak Juni 1998. Pada 5 Desember 2005, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan kabinet, Sri Mulyani dipindahkan menjadi Menteri Keuangan menggantikan Jusuf Anwar. Sejak tahun 2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Ia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura.

Sri Mulyani menerima gelar Doktor Ekonomi dari University of Illinois di Urbana-Champaign. Pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif IMF (International Monetary Fund) mewakili ekonomi 12 negara di Asia Tenggara. Pada tahun 2001, Mulyani berangkat ke Atlanta, Amerika Serikat, untuk menjadi konsultan di Badan Bantuan AS USAID khusus pada program-program untuk memperkuat otonomi di Indonesia.

Pernah kuliah jurusan Perekonomian Indonesia di Universitas Georgia dan pada Agustus 2008, Mulyani terpilih sebagai wanita paling berpengaruh nomor 23 di dunia oleh Majalah Forbes dan pada peringkat satu sebagai wanita paling berpengaruh di Indonesia.

10. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral: Darwin Zahedy Saleh

Nama-Nama & Profil Lengkap Menteri Kabinet Indonesia Bersatu IIDarwin Zahedy Saleh, S.E.,M.BA lahir di Riau, 29 Oktober 1960 (umur 48 tahun). Ia berkarir dari dunia akademisi dengan menjadi dosen di Universitas Indonesia serta sebagai konsultan keuangan, manajemen, dan perbankan.

Darwin Zahedy Saleh juga adalah seorang politikus dari Partai Demokrat yang pernah menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Lampung. Dan sebagai kader Partai Demokrat ia menduduki jabatan Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan.

1 comments:

Anonymous said...

:y
:q

Post a Comment